Selat Dampier

Selat Dampier merupakan kawasan perairan yang terletak di antra Pulau Batanta dan Waigeo. Untuk mencapai lokasi ini tidak sulit karena jika Anda sudah sampai di Raja Ampat, Anda dapat menggunakan alat transportasi laut untuk mencapai lokasi penyelaman di selat ini.
Anda dapat menggunakan kapal pinisi atau perahu motor. Jika ingin menggunakan kapal pinisi, Anda wajib melakukan reservasi terlebih dahulu. Tetapi jika menggunakan perahu motor, Anda dapat datang langsung ke kawasan Raja Ampat melalui Sorong yang merupan gerbang masuk Raja Ampat.
Untuk sampai di Sorong, Anda dapat menggunakan pesawat yang mendarat di Bandara Domine Eduard Osok. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkot, taksi, ojek, atau kendaraan sewaan untuk menuju ke Pelabuhan Perikanan Sorong. Dari Sorong, Anda dapat menuju ke Raja Ampat menggunakan kendaraan laut.
Jika Anda ingin menghemat ongkos perjalanan, Anda dapat naik kapal rakyat milik pemda setempat. Tetapi kapal ini hanya akan mengantar sampai di Waisai, ibukota Raja Ampat di Pulau Waigeo.
Perjalanan dari Sorong sampai Waisai memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Dari Waisai Anda dapat menuju ke tempat operator penyelaman yang akan membawa Anda lokasi penyelamanan.
Untuk menggunakan kapal rakyat, Anda harus sudah ada di pelabuhan sebelum pukul 14.00 WIT. Pasalnya kapal hanya akan berangkat pada jam tersebut dan tidak ada pelayaran lainnya dalam sehari.
hotel murah, raja ampat, selat dampier, wisata rasa ampat, booking hotel
Jika ingin berkeliling dahulu dan menginginkan waktu berangkat yang lebih fleksibel, Anda dapat menyewa perahu motor yang dapat memuat 10 – 30 penumpang. Namun biaya sewanya cukup mahal.
Di kawasan Selat Dampier ini, terdapat beberapa titik penyelaman yang menjadi favorit para wisatawan, salah satunya adalah Manta Point. Di sini, Anda dapat menyelam sambil melihat ikan hiu paus atau Manta Ray yang berukuran cukup besar dan terlihat jinak.
Gerombolan ikan kecil juga akan menemani para wisatawan saat menyelam. Lokasi Manta Point itu sendiri dekat dengan Desa Arborek sehingga Anda dapat menyelam sambil mengunjungi desa ini.
hotel murah, raja ampat, selat dampier, wisata rasa ampat, booking hotel
Kawasan selat ini juga termasuk wilayah konservasi dan mempunyai penutupan karang hidup sekitar 90 %. Biota laut dan karang di perairan ini sangat beragam sehingga selain penyelam, selat ini juga sering dikunjungi oleh para peneliti yang akan melakukan penelitian terhadap biota laut.
Lokasi penyelaman lain yang tidak kalah populer di kawasan Selat Dampier adalah Mike’s Point yang lokasinya berada di dekat Pulau Kerupiar. Kegiatan lain yang tidak kalah menarik dilakukan di selat ini adalah memancing ikan dan memberi makan ikan.
Sumber : http://www.yukpegi.com/indonesia/papua/selat-dampier-tempat-menyelam-favorit-di-raja-ampat