Pulau Wayag


Adalah salah satu pulau dalam kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Pulau ini dikenal karena atol yang indah dan kehidupan bawah laut yang menakjubkan dengan luas total 155.000 hektar (sekitar 383,013.3 hektar ).Di sini , Anda menemukan pantai indah dengan pulau-pulau dengan formasi geologi yang unik yang terlihat seperti jamur tumbuh keluar dari laut. Sepanjang pantai ini, wisatawan bisa melihat panorama yang lebih menawan daripada liburan Leonardo DiCaprio dalam film "The Beach". Air jernih sekitar Pulau Wayag muncul seperti jendela nyata untuk berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di dalam air. Pulau Wayag tidak pernah berhenti memukau, khususnya bagi para penyelam karena panorama alam bawah laut yang sangat memuakau. Keaneka ragaman hayati berupa flora & fauna masih sangat terjaga keasliannya.

Jika Anda telah mendengar tentang Pulau Wayag memiliki pemandangan terbaik dibawah & diatas air, ini adalah fakta dan bukan gosip belaka. 
Selain Pulau Wayag, kepulauan Raja Ampat juga memiliki sebuah taman yang menakjubkan dari terumbu karang berwarna-warni di sekitar pulau Fam Jef , yang dikenal sebagai Taman Melissa, sekelompok bebatuan kecil yang dikelilingi oleh karang besar. Adapula kerang sebesar 1 meter bersembunyi di dasar bebatuan , Wobegong hiu bersembunyi di bawah karang , lebih jack dan barakuda, sekolah Bumphead Parrotfish, kuda laut yang menyamar pigmy, mereka semua ada di sekitar pulau Kri. Sebuah sungai garam memisahkan Pulau Waigeo dari Pulau Gam yang kaya dengan ikan pemanah dan spesies yang tak terhitung jumlahnya. Bahkan seorang Fotografer tidak akan pernah ingin meninggalkan daerah ini, yang juga disebut Passage. Anda juga dapat melihat ikan manta dan sisa-sisa pesawat dari Perang Dunia II di Pulau Wai . 
Ketika menyelam di selat Dampier, ikan pari manta yang jinak dan ribuan ikan berbagai jenis pasti akan menemani Anda menyelam. Pulau Misool di bagian selatan Raja Ampat juga dikenal karena keindahan bawah lautnya, gugusan atol dan gua-gua stalaktit. Jika Anda ingin beristirahat dari menyelam, ada pengalaman lain untuk menikmati sekitar Raja Ampat, dari trekking dan mengeksplorasi, untuk mengunjungi desa-desa tradisional. Begitu banyak keajaiban, dalam waktu begitu singkat .

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Wayag, Anda harus memiliki pemandu yang mengerti kondisi navigasi di daerah ini. Selama musim-musim tertentu, gelombang bisa sangat tinggi dan berbahaya bagi kapal. Jika Anda suka snorkeling dan menyelam, Anda harus membawa peralatan sendiri, karena tidak ada fasilitas sewa di pulau ini.